Saturday, February 16, 2013

METEOR MELEDAK: Guncangannya Lukai Ratusan Warga Rusia

Compact_meteor

 MOSKOW—Sebuah meteor meledak di langit Urals, Rusia, dan guncangannya memecahkan kaca-kaca bangunan serta melukai ratusan orang, beberapa jam sebelum sebuah asteroid raksasa diperkirakan akan melewati bumi dalam jarak dekat.

Unit Kementerian Kondisi Darurat Rusia di Distrik Urals pada Jumat (15/2) melalui laman resminya mengungkapkan benda angkasa itu jatuh di daerah Chelyabinsk dan meledak di langit pada pukul 7.25 pagi waktu Moskow.


“Ini adalah meteor jatuh yang serius. Di hypermarket kami di Emanzhelinsk, kaca-kaca pecah, atam terguncang, karena ada gelombang udara yang menggoncang dengan kuat,” kata Sergey Galitskiy, CEO OAO Magnit, peritel makanan di Rusia, melalui akun Twitter-nya, beberapa saat setelah kejadian.

Berdasarkan keterangan yang dimuat di laman resmi Gubernur Chelyabinsk Mikhail Yurevich, lebih dari 290 orang dilaporkan luka-luka. Interfax melansir jumlah korban luka melampaui 500 orang.

NASA melaporkan (7/2) sebuah asteroid berdiameter 150 kaki atau setengah luas lapangan sepak bola akan meluncur melewati bumi dan satelit-satelit di sekitarnya pada akhir pekan ini.

Asteroid yang diberi nama 2012 DA14 itu akan meluncur 17.000 mil di atas permukaan bumi pada 15 Februari 2013, bertepatan dengan dimulainya pertemuan pada pejabat keuangan negara-negara Grup 20 di Moskow, Rusia, untuk membahas ancaman currency war.

Jarak saat kedua benda angkasa ini berpapasan bahkan lebih dekat dari jarak antara bumi dengan sejumlah satelit yang mengitarinya. Para ilmuan NASA melaporkan kecepatan 2012 DA14 mencapai 7,8 kilometer per detik, delapan kali lebih cepat dibandingkan tembakan senapan.

Jarak antara Chelyabinsk, lokasi ledakan meteor yang diduga merupakan pecahan dari asteroid 2012 DA14 itu, dengan Moskow, lokasi pertemuan G-20, mencapai 1.500 kilometer atau lebih sedikit dari jarak antara Jakarta dan Medan. (Bloomberg/if) (foto:Rayasamultiplay.com)

sumber :
http://www.bisnis.com/articles/meteor-meledak-guncangannya-lukai-ratusan-warga-rusia#

0 comments:

Post a Comment